Berita Terbaru Indonesia

Informasi Terupdate dan Terkini

ASI Eksklusif Bisa Menekan Angka Resiko Kematian Bayi

Situs-Bandar-Asli-Kesehatan-ASI-Eksklusif-Bisa-Menekan-Angka-Resiko-Kematian-Bayi

KesehatanASI atau Air Susu Ibu sangat baik untuk kesehatan bayi. ASI juga dapat menurunkan angka dari kematian bayi itu sendiri. Dalam ASI memiliki kandungan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Oleh karena itu, bayi tidak mudah terserang oleh penyakit.

Kirana Pritasari yang merupakan Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat dari Kementerian Kesehatan memaparkan sudah ada beberapa data dan juga kajian serta fakta global dalam The Lancet Breastfeeding Series pada tahun 2016.

“Dari data yang ada membuktikan bahwa ASI eksklisif bisa menurunkan angka dari kematian bayi sebanyak 88% akibat dari infeksi. Terutama untuk bayi yang masih berusia kurang dari 3 bulan,” ungkap Kirana di acara Puncak Peringatan Pekan ASI Sedunia tahun 2018 yang berlangsung di Kementerian Kesehatan.

Ada beberapa studi juga menyebutkan bahwa ASI mampu mencegah berat bayi lahir rendah dan juga stunting. ASI eksklusif juga mampu menurunkan obesitas serta penyakit kronis.

Baca juga : Inilah Sayuran Untuk Memperkuat Ginjal

Menurunkan Resiko Kegemukan

Kirana juga menambahkan dengan pemberian ASI tidak hanya bisa menurunkan angka kematian dari bayi. Selain itu juga bisa menurunkan resiko kegemukan sampai dengan 10% dikutip dari penelitian yang telah diplubikasikan The Lancet pada tahun 2016 lalu.

Dia juga menambahkan bahwa dari fakta tersebut tidak perlu diragukan lagi betapa besarnya manfaat pemberian ASI untuk bayi.

Untuk itu, diperlukan momen penting untuk meningkatkan kepedulian dan juga kesadaran kepada semua pihak, dimana peran pemerintah dan juga masyarakat. Penting bahwa ASI diberikan kepada bayi sampai dengan 2 tahun.

Hal ini tidak lepas dari pentingnya peran dari ibu yang mendukung hal tersebut untuk bisa mencapai keberhasilan menyusui bayinya.

Supaya bayi memiliki manfaat yang besar dari ASI, disarankan kepada para ibu-ibu untuk menyusui bayi sampai berusia 2 tahun. Selain daripada ASI, bayi juga bisa didukung dengan pemberian makanan pendamping ASI.

Agar asupan gizi bayi tercukupi, ibu menyusui disarankan untuk tidak memilih-milih makanan. Seorang ibu dianjurkan untuk makan segala jenis makanan serta yang bervariasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bandar Ceme, Agen Gaple, Judi Poker, Situs Poker, DominoQQ, Agen Poker Terpercaya, LK21, Layarkaca21 Frontier Theme