Berita Terbaru Indonesia

Informasi Terupdate dan Terkini

Inilah Hoax Terkait Penularan AIDS

berita-kesehatan-inilah-hoax-terkait-penularan-AIDS

Kesehatan, Jakarta Salah satu penyakit menular yang palin ditakuti didunia adalah HIV AIDS (ODHA). Penyakit AIDS sampai sekarang masih belum ditemukan obatnya hingga sekarang. Bahkan pada umumnya yang terserang penyakit tersebut akan berakhir dengan kematian yang cukup mengerikan. Hal ini menyebabkan semua orang menjadi takut begitu mendengar AIDS.

Ketakutan dari orang-orang terhadap penyakit AIDS membuat para penderita selalu mengalami diskriminasi dari orang sekitar. Hal ini juga didukung dari faktor penyebaran berbagai isu penularan AIDS yang sangat bertentangan dengan kenyataan.

Untuk meluruskan hal tersebut,  Dokter Adyana Esti melakukan acara seminar dan memberikan beberapa faksa atau kenyataan tentang penularan dari penyakit AIDS. Dokter Adyana Esti juga mengklarisifikasikan beberapa isu Hoax tentang penularan dari penyakit AIDS.

Baca Juga : Ini Dia Fakta Seputar Kokain

Isu Hoax Terkait Penularan HIV AIDS

1. Penularan Melalui Nyamuk

Dimasyarakat sempat beredar kabar, bahwa nyamuk dapat menjadi perantara dari penularana HIV AIDS. Yang dimana jika terdapat nyamuk yang menghisap darah dari penderita AIDS dan kemudian mengigit orang lain, maka orang yang tergigit akan tertular AIDS.

Isu tersebut tentunya hanya merupakan sebuah kebohongan belaka, karena virus dari  HIV AIDS tidak dapat bertahan diudara luar, sehingga begitu keluar dari tubuh maka virus tersebut secara otomatis akan mati.

 

2. Penularan Di Kolam Renang

Isu tentang penularan AIDS jika kita berenang bersama dengan orang yang terserang AIDS, juga merupakan sebuah kebohongan. Seperti yang kita ketahui bahwa virus dari AIDS ini tidak akan dapat bertahan diluar tubuh, apalagi melalui air kolam renang.

 

3. Penularan Melalui Barang Bekas

Masyarakat sempat takut dalam menggunakan barang yang telah digunakan oleh para penderita AIDS, hal ini dikarenakan adanya isu tentang penularan AIDS jika menggunakan barang bekas sipenderita. Namun, kenyataannya hal itu merupakan hanya sebuah kebohongan belaka yang sengaja disebarkan.

Menggunakan barang bekas penderita AIDS, tidak akan dapat membuat seseorang tertular, karena virus akan mati ketika terkena udara. Sehingga tidak mungkin seseorang akan tertular AIDS.

 

4. Penularan Melalui Jarum atau tusuk gigi

Penularan melalui jarum atau tusuk gigi, sempat membuat gempar sebagian orang Indonesia. Hal ini tentunya sempat membuat orang-orang takut dalam menggunakan tusuk gigi.

Namun, meskipun dijarum atau tusuk gigi terdapat darah bekas penderita AIDS, jarum atau tusuk gigi tersebut tidak bisa membuat seseorang tertular AIDS. karena begitu terkena udara, virus yang ada didalam darah otomatis akan mati dan menghilang.

 

5. Penularan Melalui Ciuman

Dengan melakukan ciuman dengan orang yang terkena AIDS tidak akan dapat membuat kita tertular. Hal ini dikarenakan virus yang terdapat didalam air liur sangat sedikit dan tidak memiliki jumlah yang cukup untuk bisa menularkan penyakit AIDS. Jika ingin menularkan penyakit melalui air liur, maka setidaknya diperlukan 1 ember air liur.

Dengan ini tentunya, isu tentang penularan melalui ciuman hanya merupakan sebuah kebohongan belaka yang sengaja disebarkan oleh orang-orang tertentu.

 

6. Penularan Melalui Makanan Kaleng

Isu terkait tentang seseorang yang tertular AIDS dikarenakan mengkonsumsi makanan kaleng yang sebelumnya telah disuntikkan dengan darah sipenderota merupakan sebuah kebohongan belaka.

Hal ini dikarenakan darah yang terdapat didalam kaleng tersebut telah mati, sehingga tidak memiliki kemampuan dalam menularkan penyakit kepada orang lain.

 

Hal diatas adalah berbagai kebohongan tentang penularan HIV AIDS dan ada baiknya anda juga tidak mendiskriminasi para penderita AIDS. Karena yang menjadi dorongan mereka untuk bertahan hidup adalah melalui dukungan para masyarakat sekitar. Anda tidak perlu khawatir akan tertular penyakit AIDS, karena metode penularan hanya bisa melalui hubungan seks, dan juga menyusui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bandar Ceme, Agen Gaple, Judi Poker, Situs Poker, DominoQQ, Agen Poker Terpercaya, LK21, Layarkaca21 Frontier Theme