Berita Terbaru Indonesia

Informasi Terupdate dan Terkini

Nasional Demokrat, Dari Yang Dulunya Ormas Kini Menjadi Partai Politik

Situs-Bandar-Online-Politik-Nasional-Demokrat-Dari-Yang-Dulunya-Ormas-Kini-Menjadi-Partai-Politik

Politik, Partai Nasional Demokrat kini telah resmi menjadi salah satu partai politik di Indonesia selama kurang lebih 7 tahun. Partai Nasdem sendiri lahir sejak 26 Juli 2011. Partai pimpinan Surya Paloh ini, pada awalnya merupakan sebuah organisasi massa atau ormas.

Bersama dengan tiga aktivis muda pada saat itu, yaitu Patrice Rio Capella, Ichsan Loulemba, serta Jeffrie Geovanie pada tahun 2009, awal terbentuknya ormas Nasdem. Berselang dua tahun kemudian, ormas Nasdem kemudian berubah wujud kini menjadi sebuah partai. Karena adanya kesadaran tentang gagasan Restorasi Indonesia yang diusung oleh Nasdem.

Lewat ormas, mereka beranggapan bahwa gagasan tersebut tidak bisa diwujudkan jika hanya mengandalkan anggota ormas yang tersebar di beberapa partai politik. Jalan untuk menjadi partai sendiri dilalui Nasdem dengan adanya pro dan juga kontra.

Pada akhirnya Sri Sultan Hamengkubuwono X memutuskan untuk mengundurkan diri dari ormas Nasdem di tanggal 6 Juli 2011. Dia mengaku tidak pernah memiliki komitmen untuk menjadikan Nasdem sebagai sebuah partai. Karena dia sendiri sudah berkomitmen pribadi dengan menjadi kader dari Partai Golkar.

Partai Nasdem sendiri pertama kali ikut dalam pemilihan umum yakni pada tahun 2014 dengan menempati nomor urut pertama. Sebagai partai baru, partai yang berlambang lingkaran biru dengan dua siluet oranye yang ada di tengahnya berhasil masuk 10 besar. Partai Nasdem berhasil duduk di posisi kedelapan dengan perolehan suara 8.402.812 atau 6,72%.

Pada tahun yang sama juga, Partai Nasdem memutuskan untuk memberikan dukungan mereka kepada pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla yang pada saat itu maju untuk Pemilu Presiden 2014.

Baca juga : Beberapa Fakta Terkait Dengan Kasus Sisi Meiliana

Dukung Jokowi di Pilpres 2019

Partai Nasdem di tahun ini dikabarkan rela untuk mengeluarkan dana sampai Rp 600 miliar untuk menerbitkan tabloid Kawan Jokowi. Selain itu juga mereka mencetuskan slogan ‘Jokowi adalah Kita’. Tidak hanya itu, Partai Nasdem juga membentuk Pusat Informasi Relawan sebagai bentuk komitmen dukungan mereka.

Untuk pemilu 2019 mendatang, Partai Nasdem mendapat nomor urut 5. Mereka juga menjadi partai pertama yang menyatakan dukungan mereka untuk Jokowi di Pilpres 2019 mendatang.

Dukungan tersebut disampaikan oleh Surya Paloh saat pembukaan Rapat Kerja Nasional IV sekaligus HUT ke 6 Nasdem di bulan November lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bandar Ceme, Agen Gaple, Judi Poker, Situs Poker, DominoQQ, Agen Poker Terpercaya, LK21, Layarkaca21 Frontier Theme