Berita Terbaru Indonesia

Informasi Terupdate dan Terkini

YLKI Merasa Resah Dengan Peredaran Obat Tradisional

berita-kesehatan-YLKI-merasa-resah-dengan-peredaran-obat-tradisional

Kesehatan, Jakarta Peredaran obat tradisional dan berbagai obat kecantikan Indonesia sudah semakin membersar. Bahkan peredaran dari beberapa jenis obat tradisional tersebut tidak berada dalam pengawasan pemerintah (BPOM). Tentunya hal ini membuat lembaga perlindungan konsumen (YLKI) menjadi resah terhadap keamanan dan keselamatan masyarakat Indonesia.

Pihak YLKI menghimbau kepada para masyarakat Indonesia, untuk lebih cermat dan selektif dalam membeli produk tertentu. Hal ini dikarenakan kebanyakan produk yang beredar tidak memiliki ijin dari BPOM. Selain dari itu, produk yang kebanyakan beredar tersebut tidak memiliki manfaat seperti apa yang dikatakan atau dijanjikan. Hal tersebut bisa berarti merupakan tindakan penipuan terhadap konsumen.

“Masyarakat jangan mudah terpancing dengan promosi obat yang beredar, Belum tentu mutu dan kualitas obat tersebut terjamin.” Ujar Abubakar Siddik selaku ketua YLKI.

Baca Juga : Inilah Penyebab Orang Jepang Berumur Panjang

YLKI Minta BPOM Dan Polisi Ikut Mengawasi

 

Melihat promosi dari obat tradisional secara online semakin banyak dan meluas, pihak YLKI meminta kepada para intasi terkait untuk segera melakukan tindakan antisipasi. Jika dibiarkan terus, karena hal ini akan menjadi sangat berbahaya jika obat yang beredar tersebut terdapat kandungan berbahaya.

“Banyak sekali ditemukan promosi obat, apalagi yang online punya. semuanya menjanjikan bisa menyembuhkan berbagai penyakit. tapi nyatanya banyak masyarakat yang tertipu.” Ujar Abubakar Siddik.

Ketua YLKI juga mencurigai bahwa kebanyakan obat tradisional yang dipasarkan tersebut tidak memiliki ijin BPOM. Tentunya hal ini menandakan bahwa produk tersebut akan menjadi hal yang sangat berbahaya.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, YLKI meminta bahwa pihak BPOM segera melakukan pengecekan terkait produk yang beredar tersebut. Selain itu, YLKI juga meminta kerjasama dari kepolisian agar segera melakukan razia atau pemeriksaan terkait obat-obat tradisional yang telah beredar selama ini.

Ketua YLKI mengatakan bahwa pemerintah harus mengambil tindakan, guna melindungi masyarakat dan para konsumen. Hal ini juga tertera didalam Undang-Undang tahun 1988.

“Keselamatan masyarakat merupakan hal yang harus dijaga agar tidak timbulnya masalah. itu sudah tertera didalam undang-undang 1988 yang berisi tentang perlindungan terhadap konsumen.”

 

2 Comments

Add a Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bandar Ceme, Agen Gaple, Judi Poker, Situs Poker, DominoQQ, Agen Poker Terpercaya, LK21, Layarkaca21 Frontier Theme